Minggu, 24 September 2017

Pabrik Kabel



Industri kabel merupakan salah satu industri yang berperan penting dalam pembangunan infrastruktur listrik di suatu negara. Di Indonesia sendiri industri kabel menjadi salah satu industri yang dapat bersaing dengan industri-industri pada sektor lainnya. Seiring dengan jumlah pemakaian listrik yang meningkat di setiap wilayah, maka permintaan terhadap kabel mengalami peningkatan juga tiap tahunnya. Di tingkat ASEAN contohnya Negara China merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat konsumsi kabel yang tinggi juga. Perusahaan yang bergerak dalam industri kabel umumnya memproduksi berbagai jenis kabel seperti kabel listrik, kabel telepon, kabel fiber optik, kabel kontrol dan lainnya. Kabel listrik merupakan media penghantar tenaga listrik dari sumber tenaga listrik ke peralatan yang menggunakan Listrik atau menghubungkan suatu peralatan listrik ke peralatan listrik lainnya.

            Di Indonesia, pembangunan pabrik kabel pertama didirikan pada tahun 1952 dan terus mengalami perkembangan hingga tahun 1970. Pada tanggal 10 Februari 1973, Asosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia (APKABEL) dibentuk dan disahkan pada tanggal 26 Juni 1974. APKABEL berada dalam pembinaan Direktorat Jenderal Industri Logam Mesin Tekstil dan Aneka (ILMTA) Departemen Perindustrian dan Perdagangan dan menjadi anggota luar biasa Kadin Indonesia (APKABEL, 2015). Anggota APKABEL terdiri dari Perusahaan Modal Asing(PMA) dan Perusahaan Modal Dalam Negeri (PMDN) baik dalam sudah bentuk Perusahaan Terbuka (Tbk) maupun belum. Beberapa perusahaan adalah merupakan anak perusahaan atau kepemilikannya terkait dengan MNC seperti Pirelli, Furukawa, Fujikura, Sumitomo, Showa, Siemens/Corning yang cukup potensial baik dari segi financial, jaringan maupun teknologi.

Dibawah ini adalah nama-nama pabrik kabel yang sudah mendapatkan tempat di kancah industry Indonesia:
1. Sumi Kabel :

PMA yang berdiri di awal dekade 80an ini, merupakan salah satu pemain besar di industri kabel Indonesia. Pabrik berlokasi di Tangerang, pabrik ini sangat teratur dalam tata letaknya dan tata kerjanya.
2. Supreme Cable :

Dikenal juga dengan nama PT Sucaco dan memiliki pabrik di kawasan Jakarta Barat serta fasilitas yang terintegrasi, PT Sucaco memiliki anak perusahaan yang bergerak di pengolahan tembaga serta material pendukung produksi kabel lainnya. Katalognya cukup lengkap dan sering menjadi rujukan saat membuat perhitungan dan pemilihan kabel yang akan dipergunakan.
3. Kabel Metal Indonesia :

Berdiri pada tahun 1972 dengan nama Kabel metal Indonesia dan sempat berubah menjadi GT Kabel setelah dibeli oleh grup Gajah Tunggal. Pabriknya terletak di kawasan Cakung, Jakarta.
4. Prysmian Cable :

Pabrikan ini memiliki fasilitas produksi di Cikampek. Kabelnya sendiri diproduksi di pabrik Malaysia,
5. Voksel Kabel :

Untuk beberapa tipe produk LV & Control Cable, Voksel sering menyimpan cukup banyak stok cadangan. Cukup membantu untuk proyek yang mengalami salah perhitungan panjang kabel yang diperlukan. Harganya terbilang bersaing terutama untuk kuantitas banyak.
6. Jembo Kabel :

Durasi produksi umumnya tidak berbeda jauh dengan kesepakatan saat mengeluarkan PO. Dalam perbandingan peringkat, masuk level kompetisi yang sama dengan Voksel kabel.

Diluar 6 pabrikan kabel di atas, masih banyak pabrik yang memproduksi baik kabel maupun konduktor. Perlu diketahui juga bahwa Indonesia mempunyai perusahaan produsen kabel terbaik di kawasan ASEAN. Di sektor ini, Indonesia siap bertarung dalam pasar bebas ASEAN. Khususnya standarisasi produk yang sudah tergolong standar Internasional. Pada produksi kabel dari PT Supreme Cable Manufacturing Commerce Tbk (Sucaco) yang merupakan pabrik kabel tertua di Indonesia. Untuk produk, sebenarnya standar ASEAN itu memiliki standar yang tinggi. Tetapi melihat perkembangan Industri Kabel di Indonesia yang notabene telah dapat pengakuan secara standarisasi produk dari negara-negara kawasan ASEAN.


1 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.
    Untuk informasi bisa menghubungi saya di email tommy.transcal@gmail.com
    WA=081310849918
    Terima kasih

    BalasHapus

5 Komponen Penting Dalam Telepon Kabel

5 Komponen Penting Dalam Telepon Kabel Telepon berasal dari bahasa Yunani yakni terdiri dari buah kata yaitu tele yang berarti jauh da...